Pembahasan soal UAN Matematika IPA tahun 2009 (1)


Berikut ini saya tuliskan pembahasan soal UAN Matematika IPA tahun 2009 kode soal 49.

1. Perhatikan premis-premis berikut !
1. Jika saya giat belajar maka saya bisa meraih juara
2. Jika saya bisa meraih juara maka saya boleh ikut bertanding
Ingkaran dari kesimpulan kedua premis di atas adalah …..
a. Saya giat belajar dan saya tidak boleh ikut bertanding.
b. Saya giat belajar atau saya tidak boleh ikut bertanding
c. Saya giat belajar maka saya bisa meraih juara
d. Saya giat belajar dan saya boleh ikut bertanding
e. Saya ikut bertanding maka saya giat belajar
Pembahasan :
p = saya giat belajar
q = saya bisa meraih juara
r = saya boleh ikut bertanding
premis 1. p \rightarrow q
premis 2. q \rightarrow r
kesimpulan : p \rightarrow r (prinsip silogisme)
Ingkaran dari p \rightarrow r adalah p \wedge {-q} .
Jadi Jawaban yang benar a.
2. Akar-akar persamaan 2 x \sp2 - 6x + 2m -1 = 0 adalah \alpha dan \beta . Jika \alpha = 2 \beta , maka nilai m adalah ….
a. 3
b.\frac {5}{2}
c.\frac {3}{2}
d.\frac {2}{3}
e.\frac {1}{2}
Pembahasan :
Karena \alpha   = 2 \beta ,
maka \alpha   +  \beta  = 3 \beta
3 \beta = \frac {-(-6)}{2}  = 3
\beta = 1
\alpha \beta = \frac{2m-1}{2}
2 \beta^{2} = \frac{2m-1}{2}
4 = 2m – 1
m = \frac {5}{2}
Jawaban yang benar b
4. Diketahui \sp 2 log \sqrt{12x +4} = 3 . nilai 3x = …
a. 15
b. 5
c. \frac {5}{3}
d. \frac {3}{5}
e. \frac {1}{5}
Jawab.
{}^{2}\log\sqrt{12x+4}=3, syarat 12x+4>0
{}^{2}\log\sqrt{12x+4}={}^{2}\log 2^{3}, sehingga didapat persamaan :
\sqrt{12x+4}= 2^{3}, kedua ruas dikuadratkan sehingga diperoleh : 12x + 4 = 64, dan x = 5 sehingga nilai 3x = 15. jawab a

One thought on “Pembahasan soal UAN Matematika IPA tahun 2009 (1)

Tinggalkan Balasan

